BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Sebagai calon tenaga pendidik,
dituntut harus mengetahui tentang perencanaan pembelajaran. Ini
bertujuan untuk memperlancar suatu sistem pendidikan dan pembelajaran
yang efektif, oleh karena itu diperlukan adanya perencanaan yang
matang termasuk diantaranya adalah silabus, program semester dan
program tahunan serta rencana pelaksanaan pembelajaran yang harus
disiapkan agar pelaksanaan proses pembelajaran efektif dan efisien.
Semua itu penting untuk dipahami,
karena merupakan kunci pokok dalam melaksanakan proses belajar
mengajar agar terarah dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Bukan hanya tenaga pendidik dalam ilmu pengetahuan umum saja yang
harus menguasai keempat komponen diatas, tapi juga para guru agama
termasuk guru mata pelajaran SKI di MA pun dituntut untuk menguasai
hal itu. Karena guru di semua jenjang pendidikan baik sekolah umum
maupun sekolah agama harus menguasai keempat hal itu.
Oleh karena itu, mengingat sangat
pentingnya keempat hal diatas untuk dipelajari, maka dalam makalah
ini akan membahas tentang perencananan pembelajaran mata pelajaran
SKI di MA yang meliputi silabus, program semester dan program tahunan
serta rencana pelaksanaan pembelajarannya.
- Rumusan Masalah
- Bagaimana penyusunan silabus mata pelajaran SKI di MA?
- Bagaimana penyusunan program tahunan mata pelajaran SKI di MA?
- Bagaimana penyusunan program semester mata pelajaran SKI di MA?
- Bagaimana penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran SKI di MA?
- Tujuan
- Untuk mengetahui cara menyusun silabus mata pelajaran SKI di MA
- Untuk mengetahui cara menyusun program tahunan mata pelajaran SKI di MA.
- Untuk mengetahui cara menyusun program semester mata pelajaran SKI di MA.
- Untuk mengetahui cara menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran SKI di MA.
BAB II
PEMBAHASAN
- Silabus Mata Pelajaran SKI di MA
Silabus adalah
garis besar, ringkasan ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi
pelajaran.Silabus
merupakan penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke
dalam materi pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian hasil belajar.1
Jadi silabus mata pelajaran SKI MA
merupakan daftar rancangan yang fokus terhadap apa yang harus
dipelajari serta penjelasan mengenai cara memilih dan menyusun
konten. Jadi, jika seorang guru akan memberikan materi SKI MA,
ia harus
mempersiapkan silabus agar alur pengajaran peserta didik dapat
diketahui secara jelas dan pasti. Silabus pun menentukan kemampuan
yang harus dicapai siswa dari materi SKI MA yang diberikan tersebut.
Berdasarkan Permendiknas RI No. 41
Tahun 2007 mengenai Standar Proses, silabus merupakan acuan
pengembangan RPP yang memuat identitas mata pelajaran, Standar
Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi atau tema
pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi
waktu, serta sumber belajar. Dalam perkembangannya, silabus
mengharuskan adanya unsur pendidikan karakter serta direncanakan
untuk dimasukkan sebagai nilai-nilai perilaku yang harus ditanamkan
pada setiap siswa. Mengapa harus nilai-nilai perilaku? Jawabannya
tentu saja karena karakter berarti nilai-nilai yang melandasi
perilaku manusia berdasarkan norma agama, kebudayaan, konstitusi atau
hukum, adat istiadat, serta estetika.
Koesoema (2007) dalam bukunya,
Pedidikan Karakter, menyatakan bahwa karakter dianggap sama dengan
kepribadian. Sebaliknya, kepribadian dianggap sebagai ciri atau
karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang
berasal dari bentukan-bentukan yang ia terima dari lingkungan,
misalnya keluarga pada masa kecil, serta bawaan sejak lahir. Lantas,
apa hubungan pendidikan karakter dengan penyusunan silabus? Karena
pendidikan karakter atau penanaman nilai-nilai itu semakin diperjelas
pada bagian isi silabus. Seperti yang telah diungkapkan Koesoema
mengenai kesamaan makna karakter dan kepribadian, pendidikankarakter
pun boleh dikatakan hampir sama dengan mengajarkan kepribadian.2
Langkah-langkah yang harus
diperhatikan dalam pengembangan dan penyusunan silabus, yaitu:
- Mengisi Kolom Identitas
- Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Mengkaji standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum
dalam standar isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
- urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan atau tingkat kesulitan materi.
- Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran
3.
Mengidentifikasi
Materi Pokok/ Pembelajaran
Mengidentifikasi
materi pokok/ pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar
dengan mempertimbangkan:
- potensi peserta didik
- relevansi dengan karakteristik daerah
- tingkat pengembangan fisik, intelektual, emosional, dan spiritual peserta didik.
- Kebermanfaatan bagi peserta didik
- struktur keilmuan
- aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
- relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
- alokasi waktu
4.
Mengembangkan
Kegiatan Pembelajaran
- Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah:
- kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
- Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
- Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hioerarki konsep materi pembelajaran.
- Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.
5.
Merumuskan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Hal-hal yang harus
diperhatikan dalam pengembangan indikator
adalah:
- setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (lebih dari dua)
- indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan atau diobservasi
- tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam SK maupun KD
- prinsip pengembangan indikator adalah Urgensi, kontiunitas, Relevansi, dan Konstektual
- keseluruhanindikator dalam satu KD merupakan tanda-tanda, prilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap, berfikir, dan bertindak secara konsisten.
6.
Menentukan
Penilaian (standar penilaian)
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam penilaian, yaitu:
- penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi
- penilaian menggunakan acuan kriteria: yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah melakukan proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
- sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan.
- hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut.
- sistem penilaian harus disesuaiakan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun hasil melakukan obsevasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan
7.
Menentukan Alokasi Waktu
Penetuan alokasi waktu pada setiap
kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi
waktu mata pelajaran perminggu dengan mempertimbangkan jumlah
kompetensi dasar, keluasaan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan
tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi
waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakanperkiraan waktu rerata
untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik
yang beragam.
8.
Menentukan
Sumber Belajar
Sumber belajar
adalah rujukan, objek dan atau bahan yang digunakan untuk
kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik,
narasumber, lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi
dasar serta materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompetensi.3
- Program Tahunan dan Program Tahunan Mata Pelajaran SKI di MA
Program tahunan adalah rencana
penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD)
yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar
seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat
dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah
jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta
keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Program tahunan memuat penjabaran
alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk
tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program
tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester.
Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun
pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan
program-program berikutnya. Program tahunan merupakan program umum
setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru
mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004: 95).
Program Tahunan mata pelajaran SKI di
MA merupakan program yang berisi tentang garis-garis besar yang
hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata
pelajaran SKI yang perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru
sebelum tahun pelajaran dimulai. karena merupakan pedoman bagi
pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester,
mingguan dan harian dan sistem penilaian.
Setidaknya dalam
menyusun Prota, komponen yang harus ada sebagai berikut:
- Identitas (mata pelajaran, kelas, tahun pelajaran).
- Format isian (semester, standar kompetensi, kompetensi dasar, matei pokok, dan alokasi waktu).
Dalam perkembangan
dan pengkajian penyusunan Prota, terdapat beragam alternatif format
program tahunan.Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan
oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi
pengembangan program-program berikutnya, yakni program semester,
silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
C.
Program Semester Mata Pelajaran SKI di MA
Semester adalah satuan waktu yang
digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang
dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang
dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum,
keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan
lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
Dalam program pendidikan semester
dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan
lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester
sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri.
Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester
yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang
mengambil program tersebut sudah dapat ditentukan lulus atau tidak.
Program semester mata pelajaran SKI
di MA adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai
hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut
agar tujuan pembelajaran SKI dapat tercapai. Program semester
merupakan penjabaran dari program tahunan.
Program semester berisikan
garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan
dicapai dalam semester tersebut. Pada umumnya program semester ini
berisikan:
- Identitas (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran)
- Format isian (standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, jumlah jam pertemuan (JJP), dan bulan).4
D.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran SKI di MA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian
pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan
dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi
dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator
untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
merupakan catatan-catatan hasil pemikiran awal seorang guru sebelum
mengelola proses pembelajaran. RPP merupakan persiapan mengajar yang
berisi hal-hal yang perlu atau harus dilakukan oleh guru dan siswa
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Perbedaan RPP dengan silabus sangat
jelas. Silabus adalah hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk
menuntaskan suatu kompetensi secara utuh. Dalam suatu silabus
terdapat beberapa kompetensi yang mesti dicapai, sehingga
perkiraan-perkiraan waktu pertemuan yang akan dilakukan belum pasti.
Selain itu, silabus juga mengisyaratkan materi apa yang perlu
dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Di dalamnya harus
terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai
ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan
selesai.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
berperan sebagai acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran agar terarah, efisien dan efektif. Dnegan perkataan
lain, RPP berperan sebagai skenario kegiatan pembelajaran. Oleh
karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes
(fleksibel) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya
dengan respon siswa dalam kegiatan pembelajaran sesungguhnya.5
Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) mata pelajaran SKI di MA adalah rancangan pembelajaran mata
pelajaran SKI yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas.
Berdasarkan RPP inilah seorang guru diharapkan bisa menerapkan
pembelajaran secara terprogram.
Untuk
keperluan pelaksanaan pembelajaran di kelas perlu disusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yang meliputi komponen-komponen sebagai
berikut:
- Identitas Mata Pelajaran
Identitas
mata pelajaran, melalui satuan pendidikan, kelas, semester,
program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, serta
jumlah pertemuan.
- Standar Kompetensi
Standar
kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu
mata pelajaran.
- Kompetensi Dasar
Kompetensi
dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik
dalalm mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator
kompetensi dalam suatu pelajaran.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator
kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi
untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi
acuan penilaian mata pelajaran.
- Tujuan Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik dengan kompetensi dasar.6
- Materi Ajar
Materi
ajar adalah hal-hal yang menjadi isi proses pembelajaran yang
diharapkan dikuasai siswa. Materi dipilih sesuai dengan tujuan
pembelajaran.
Beberapa
catatan dalam pengembangan materi adalah:
- Merupakan penjabaran dari materi yang tercantum dalam Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta materi dalam silabus.
- Tersusun atas konsep-konsep yang tergambar dalam peta konsep
- Merupakan materi essensial yang harus dikuasai siswa.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam pengembangan materi adalah:
- Dalam memilih materi pembelajaran semestinya dibedakan karakteristik materi tersebut, beberapa kelompok materi diantaranya: Fakta, Konsep, Prinsip dan Prosedur.
- Materi ditekankan pada pengalaman nyat peserta.
- Materi agar sesuia dengan kebutuhan dan berorientasi aplikasi praktis.
- Menyesuaikan dengan kematangan fisik, psikis, mental serta perkembangan siswa. 7
- Alokasi Waktu
Alokasi
waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi
dasar dan beban belajar.8
- Metode Pembelajaran
Metode
adalah cara yang dipergunakan guru dalam berhubungan dengan siswa
pada saat berlangsungnya kegiatan belajar. Tugas guru adalah memilih
metoda yang tepat untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif.
Ketetapan penggunaan metode sangat bergantung pada karakteristik
materi yang akan disampaikan.
Dalam
menetapkan suatu metode perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Tujuan yang akan dicapai.
- Bahan/materi yang akan diberikan
- Waktu dan pelengkapan yang tersedia
- Kemampuan dan jumlah siswa
- Kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran.9
Metode
pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar peserta didik dapat mencapai kompetensi
dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.
- Kegiatan Pembelajaran
- Pendahuluan
Pendahuluan
merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang
ditunjukkan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian
peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
- Inti
Kegiatan
inti merupakan proses pembelajan untuk mencapai kompetensi dasar.
- Penutup
Penutup
merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakiri aktifitas
pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau
kesimpulan.
- Penilaian Hasil Belajar
Prosedur
dan instrumen penilaian proses hasil belajar disesuaikan dengan
indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pda standar penilaian.10
Penilaian
berbasis kelas memuat prinsip, sasaran dan pelaksanaan penilaian
berkelanjutan yang lebih akurat dan konsisten sebagai akuntabilasi
publik melalui identifikasi kompetensi/hasil belajar yang telah
dicapai, pernyataaan yang jelas tentang standar yang harus dan telah
dicapai serta peta kemajuan belajar siswa dan pelapor.
Penilaian
dan pengembangan sistem ujian tidak semata berorientasi pada
kemampuan siswa menjawab soal, yang terlihat dalam simbol angka-angka
prestasi pada setiap mata pelajaran, melainkan lebih menekankan pada
tinggi rendahnya kemampuan siswa dalam menunjukkan kompetensi sesuai
dengan jenjang pendidikan yang diikutinya.
Beberapa
rambu-rambu dalam penilaian, antara lain:
- Mencakup alat dan format observasi afektif dan psikomotor.
- Mencakup alat penilaian (soal) atau perintah yang dilengkapi dengan pedoman penskoran dan pedoman penilaiannya.
Dalam
kolom penilaian terdapat jenis-jenis alat penilaian yang dapat
dipergunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pencapaian tujuan.
Selain itu harus pula dikembangkan alat penilaian proses yang
dipergunakan melatih siswa dalam pencapaianan kompetensi. Baik dalam
rangka penilaian keterampilan proses yang dilatihkan melalui berbagai
indikator dan atau kompetensi dasar yang relevan, maupun menilai
sikap yang mendorong kelangsungan proses belajar (afektif). Secara
keseluruhan jenis-jenis penilaian yang tercantum dapat berupa tes dan
non tes.11
- Sumber Belajar
Penentuan
sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi
dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator
pencapaian kompetensi.12
Sumber
belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai temapat
dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar
seorang.Sumber itu merupakan bahan (materi) untuk menambah ilmu
pengetahuan yang mengandung hal-hal yang baru bagi peserta didik.13
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Program Tahunan mata pelajaran SKI di
MA merupakan program yang berisi tentang garis-garis besar yang
hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata
pelajaran SKI yang perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru
sebelum tahun pelajaran dimulai.
Program semester mata pelajaran SKI
di MA adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai
hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut
agar tujuan pembelajaran SKI dapat tercapai. Program semester
merupakan penjabaran dari program tahunan.
Rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) mata pelajaran SKI di MA adalah rancangan pembelajaran mata
pelajaran SKI yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas.
Berdasarkan RPP inilah seorang guru diharapkan bisa menerapkan
pembelajaran secara terprogram.
DAFTAR PUSTAKA
Masnur,
Muslich. 2007 .KTSP.
Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mulyasa.
2006. KTSP.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusman.
Model-model Pembelajaran. 2011. Jakarta:PT Raja Grafindo.
Sukmara,
Dian. Implementasi
Life Skill dalam KTSP.
2007. Bandung: CV Mughni
Sejahtera.
http://www.anneahira.com
http://nyongandikahendra.blogspot.com/2009/04/analisis-program-tahunan-semester-dan.html
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke
hadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan baik dan tepat pada
waktunya.Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi
Muhammad saw kepada keluarga, sahabat, thabiin dan kepada kita semua
selaku umatnya.
Dalam makalah ini, kami membahas
tentang “Silabus, Prota, Promes dan RPP” pada mata kuliah Materi
Pendidikan SKI di MA.Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak
yang ikut membantu pembuatan makalah ini. Khususnya kepada Bapak Drs.
H. Abdul Ghofar, MA yang telah membimbing kami dalam pembuatan
makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini
belum sempurna.Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang
membangun demi kesempurnaan makalah ini.Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi kami dan umumnya bagi para pembaca.
Cirebon, November
2013
Penyusun
i
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR i
DAFTAR
ISI ii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang 1
B. Rumusan
Masalah 1
C. Tujuan 1
BAB
II PEMBAHASAN
- Silabus Mata Pelajaran SKI di MA 2
- Program Tahunan Mata Pelajaran SKI di MA 5
- Program Semester Mata Pelajaran SKI di MA 5
- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran SKI di MA 6
BAB
III PENUTUP
Kesimpulan
10
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
ii
SILABUS, PROGRAM TAHUNAN, PROGRAM
SEMESTER, RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Makalah
Disusun
Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur
Mata
Kuliah Materi
Pendidikan SKI di MA
Jurusan
Pendidikan Agama Islam Semester V
Tahun
Akademik 2013/2014
Disusun
Oleh:
Kelompok
XIII/
PAI-B
Ahmad Badrudin (14111110006)
Uyu
Yulyata (14111110099)
Ahmad Mujahid PK
(59411107)
Dosen
Pengampu:
Drs.
H. Abdul
Ghofar, MA
FAKULTAS
TARBIYAH
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH
NURJATI CIREBON
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar