Sabtu, 01 Maret 2014

PENGERTIAN AQIDAH AKHLAK


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Aqidah dan Akhlaq merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits. Untuk kepentingan pembelajaran, dikembangkan materi Aqidah dan Akhlaq pada tingkat yang lebih rinci sesuai tingkat dan jenjang pendidikan.
Aqidah dan Akhlaq merupakan salah satu rumpun mata pelajaran pembelajaran agama di madrasah (Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlaq, Syari’ah/Fiqih Ibadah Muamalah dan Sejarah Kebudayaan Islam) yang secara integratif menjadi sumber nilai dan landasan moral spiritual yang kokoh dalam pengembangan keilmuan dan kajian keislaman, termasuk kajian Aqidah dan Akhlaq yang terkait dengan ilmu dan teknologi serta seni dan budaya.
Sebagai sebuah mata pelajaran, Aqidah dan Akhlaq juga mempunyai beberapa pokok bahasan yang akan diajarkan kepada peserta didik selama jenjang pendidikannya yang bertujuan tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai pengetahuan dan pemahaman tentang Aqidah dan Akhlaq dalam ajaran Islam, melainkan juga yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan Aqidah dan Akhlaq itu dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian Aqidah dan Akhlaq?
  2. Bagaimana Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq?
  3. Apa saja Pokok Bahasan Aqidah Akhlak?

  1. Tujuan
  1. Untuk mengetahui Pengertian Aqidah Akhlaq
  2. Untuk mengetahui Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq
  3. Untuk mengetahui Pokok Bahasan Aqidah Akhlak





BAB II
PEMBAHASAN
  1. Pengertian Aqidah Akhlaq
  1. Pengertian Aqidah
Menurut bahasa, kata aqidah berasal dari bahasa Arab yaitu [عَقَدَ-يَعْقِدُ-عَقْدً] artinya adalah mengikat atau mengadakan perjanjian. Sedangkan Aqidah menurut istilah adalah urusan-urusan yang harus dibenarkan oleh hati dan diterima dengan rasa puas serta terhujam kuat dalam lubuk jiwa yang tidak dapat digoncangkan oleh badai subhat (keragu-raguan). Dalam definisi yang lain disebutkan bahwa aqidah adalah sesuatu yang mengharapkan hati membenarkannya, yang membuat jiwa tenang tentram kepadanya dan yang menjadi kepercayaan yang bersih dari kebimbangan dan keraguan.
  1. Pengertian Akhlak
Sementara kata “akhlak” juga berasal dari bahasa Arab, yaitu [خلق] jamaknya [أخلاق] yang artinya tingkah laku, perangai tabi’at, watak, moral atau budi pekerti. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, akhlak dapat diartikan budi pekerti, kelakuan. Jadi, akhlak merupakan sikap yang telah melekat pada diri seseorang dan secara spontan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatan. Jika tindakan spontan itu baik menurut pandangan akal dan agama, maka disebut akhlak yang baik atau akhlaqul karimah, atau akhlak mahmudah. Akan tetapi apabila tindakan spontan itu berupa perbuatan-perbuatan yang jelek, maka disebut akhlak tercela atau akhlakul madzmumah.1

  1. Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq
  1. Fungsi
Mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Madrasah berfungsi untuk :
  1. Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat ;
  2. Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta akhlaq mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga ;
  3. Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui Aqidah Akhlaq ;
  4. Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari ;
  5. Pencegahan peserta didik dari hal-hal yang negatif dari lingkungannya atau dari budaya asing yang akan dihadapinya sehari-hari ;
  6. Pengajaran tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlaq, serta sistem dan fungsionalnya ;
  7. Penyaluran peserta didik untuk mendalami Aqidah Akhlaq pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi.
  1. Tujuan
Mata pelajaran Aqidah Akhlaq bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaknya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengamalan peserta didik tentang Aqidah dan Akhlaq Islam, sehingga menjadi manusia muslim yan terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi.2
  1. Pokok Bahasan Aqidah Akhlak
Cakupan Pembahasan Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah meliputi:
  1. Aspek aqidah terdiri atas keimanan kepada sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah, keimanan kepada kitab Allah, Rasul Allah, sifat-sifat dan Mu’jizat-Nya, makhluk ghaib, Qada dan Qadar dan Hari Akhir.
  2. Aspek akhlaq terpuji yang terdiri atas khauf, taubat, tawadlu, ikhlas, bertauhid, inovatif, kreatif, percaya diri, tekad yang kuat, ta’aruf, ta’awun, tafahum, tasamuh, jujur, adil, amanah, qana’ah menepati janji dan bermusyawarah.
  3. Aspek akhlaq tercela meliputi kufur, syirik, munafik, riya, nifaq, namimah dan ghibah.3
Dengan Rincian Sebagai Berikut:
Kelas
VII/I
VIII/I
IX/I
  • Dasar dan Tujuan Akidah Islam
  • Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
  • beriman kepada hari akhir.
  • Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
  • Bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT.
  • Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
  • Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
  • Macam, fungsi dan isi kitab Allah
  • Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
  • Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
  • Perilaku yang mencerminkan beriman epada Kitab Allah SWT.
  • Macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
  • Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
  • Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah)
  • Akhlak terpuji pada diri sendiri (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif)
  • Bukti/dalil tanda-tanda adanya Allah
  • Bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
  • Bentuk dan contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
  • Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
  • Nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
  • Nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
  • Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
  • Perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
  • Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
  • Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
  • Akhlak tercela kepada Allah (ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur)

  • Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
  • Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur

  • Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
  • Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur

  • Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
  • Hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.

VII/II
VIII/II
IX/II
  • 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
  • Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
  • Iman kepada Qadla’ dan Qadar.
  • 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
  • Bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
  • Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
  • 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
  • Sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT
  • Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
  • 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
  • Perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah
  • Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah
  • Iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
  • Mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
  • Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah
  • Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
  • Hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
  • Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  • Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
  • Akhlak terpuji pada sesama (husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun)
  • Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
  • Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
  • Bentuk dan contoh perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
  • Nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
  • Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
  • Nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun

  • Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
  • Perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun

  • Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
  • Akhlak tercela kepada Allah (hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah)

  • Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
  • Bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah


  • Nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah


  • Hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.






























BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Cakupan Pembahasan Aqidah Akhlaq di Madrasah Tsanawiyah meliputi: Aspek aqidah terdiri atas keimanan kepada sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah, keimanan kepada kitab Allah, Rasul Allah, sifat-sifat dan Mu’jizat-Nya, makhluk ghaib, Qada dan Qadar dan Hari Akhir. Aspek akhlaq terpuji yang terdiri atas khauf, taubat, tawadlu, ikhlas, bertauhid, inovatif, kreatif, percaya diri, tekad yang kuat, ta’aruf, ta’awun, tafahum, tasamuh, jujur, adil, amanah, qana’ah menepati janji dan bermusyawarah. Aspek akhlaq tercela meliputi kufur, syirik, munafik, riya, nifaq, namimah dan ghibah.






















DAFTAR PUSTAKA

Ibrahim dan Darsono. 2009. Membangun Akidah dan Akhlak untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Hidayat, Junaidi. 2009. Ayo Memahami Akidah dan Akhlak untuk MADRASAH TSANAWIYAH/SMP ISLAM KELAS VII. Jakarta: Erlangga
Alilurrahman. 2013. Implementasi pembelajaran Akidah Ahlak Madrasah Tsanawiyah. alinurrahman.files.wordpress.com/2012/02/bab-i.doc‎. 08 Mei
Silabus Aqidah Akhlak Mts











1 BUKU AQIDAH AKHLAK

2 Ibrahim dan Darsono. 2009. Membangun Akidah dan Akhlak untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri dan Alilurrahman. 2013. Implementasi pembelajaran Akidah Ahlak Madrasah Tsanawiyah. alinurrahman.files.wordpress.com/2012/02/bab-i.doc‎. 08 Mei


3 Silabus Aqidah Akhlak Mts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar