BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Aqidah dan Akhlaq merupakan mata
pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat
dalam agama Islam yang bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits. Untuk
kepentingan pembelajaran, dikembangkan materi Aqidah dan Akhlaq pada
tingkat yang lebih rinci sesuai tingkat dan jenjang pendidikan.
Aqidah dan Akhlaq merupakan salah
satu rumpun mata pelajaran pembelajaran agama di madrasah (Al-Qur’an
Hadits, Aqidah Akhlaq, Syari’ah/Fiqih Ibadah Muamalah dan Sejarah
Kebudayaan Islam) yang secara integratif menjadi sumber nilai dan
landasan moral spiritual yang kokoh dalam pengembangan keilmuan dan
kajian keislaman, termasuk kajian Aqidah dan Akhlaq yang terkait
dengan ilmu dan teknologi serta seni dan budaya.
Sebagai sebuah mata pelajaran, Aqidah
dan Akhlaq juga mempunyai beberapa pokok bahasan yang akan diajarkan
kepada peserta didik selama jenjang pendidikannya yang bertujuan
tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai pengetahuan
dan pemahaman tentang Aqidah dan Akhlaq dalam ajaran Islam, melainkan
juga yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan
Aqidah dan Akhlaq itu dalam kehidupan sehari-hari.
- Rumusan Masalah
- Apa pengertian Aqidah dan Akhlaq?
- Bagaimana Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq?
- Apa saja Pokok Bahasan Aqidah Akhlak?
- Tujuan
- Untuk mengetahui Pengertian Aqidah Akhlaq
- Untuk mengetahui Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq
- Untuk mengetahui Pokok Bahasan Aqidah Akhlak
BAB
II
PEMBAHASAN
- Pengertian Aqidah Akhlaq
- Pengertian Aqidah
Menurut bahasa, kata aqidah berasal
dari bahasa Arab yaitu [عَقَدَ-يَعْقِدُ-عَقْدً]
artinya adalah mengikat atau mengadakan perjanjian. Sedangkan Aqidah
menurut istilah adalah urusan-urusan yang harus dibenarkan oleh hati
dan diterima dengan rasa puas serta terhujam kuat dalam lubuk jiwa
yang tidak dapat digoncangkan oleh badai subhat (keragu-raguan).
Dalam definisi yang lain disebutkan bahwa aqidah adalah sesuatu yang
mengharapkan hati membenarkannya, yang membuat jiwa tenang tentram
kepadanya dan yang menjadi kepercayaan yang bersih dari kebimbangan
dan keraguan.
- Pengertian Akhlak
Sementara kata “akhlak” juga
berasal dari bahasa Arab, yaitu [خلق]
jamaknya [أخلاق]
yang artinya tingkah laku, perangai tabi’at, watak, moral atau budi
pekerti. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, akhlak dapat diartikan
budi pekerti, kelakuan. Jadi, akhlak merupakan sikap yang telah
melekat pada diri seseorang dan secara spontan diwujudkan dalam
tingkah laku atau perbuatan. Jika tindakan spontan itu baik menurut
pandangan akal dan agama, maka disebut akhlak yang baik atau akhlaqul
karimah, atau akhlak mahmudah. Akan tetapi apabila tindakan spontan
itu berupa perbuatan-perbuatan yang jelek, maka disebut akhlak
tercela atau akhlakul madzmumah.1
- Fungsi dan Tujuan Pembelajaran Aqidah Akhlaq
- Fungsi
Mata pelajaran Aqidah Akhlaq di
Madrasah berfungsi untuk :
- Penanaman nilai ajaran Islam sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat ;
- Pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta akhlaq mulia peserta didik seoptimal mungkin, yang telah ditanamkan lebih dahulu dalam lingkungan keluarga ;
- Penyesuaian mental peserta didik terhadap lingkungan fisik dan sosial melalui Aqidah Akhlaq ;
- Perbaikan kesalahan-kesalahan, kelemahan-kelemahan peserta didik dalam keyakinan, pengamalan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari ;
- Pencegahan peserta didik dari hal-hal yang negatif dari lingkungannya atau dari budaya asing yang akan dihadapinya sehari-hari ;
- Pengajaran tentang informasi dan pengetahuan keimanan dan akhlaq, serta sistem dan fungsionalnya ;
- Penyaluran peserta didik untuk mendalami Aqidah Akhlaq pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi.
- Tujuan
Mata pelajaran Aqidah Akhlaq
bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik
yang diwujudkan dalam akhlaknya yang terpuji, melalui pemberian dan
pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengamalan
peserta didik tentang Aqidah dan Akhlaq Islam, sehingga menjadi
manusia muslim yan terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan
dan ketakwaannya kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam
kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta
untuk dapat melanjutkan pada jenjang pembelajaran yang lebih tinggi.2
- Pokok Bahasan Aqidah Akhlak
Cakupan Pembahasan Aqidah Akhlaq di
Madrasah Tsanawiyah meliputi:
- Aspek aqidah terdiri atas keimanan kepada sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah, keimanan kepada kitab Allah, Rasul Allah, sifat-sifat dan Mu’jizat-Nya, makhluk ghaib, Qada dan Qadar dan Hari Akhir.
- Aspek akhlaq terpuji yang terdiri atas khauf, taubat, tawadlu, ikhlas, bertauhid, inovatif, kreatif, percaya diri, tekad yang kuat, ta’aruf, ta’awun, tafahum, tasamuh, jujur, adil, amanah, qana’ah menepati janji dan bermusyawarah.
- Aspek akhlaq tercela meliputi kufur, syirik, munafik, riya, nifaq, namimah dan ghibah.3
Dengan
Rincian Sebagai Berikut:
Kelas
|
||
VII/I
|
VIII/I
|
IX/I
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VII/II
|
VIII/II
|
IX/II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Cakupan Pembahasan Aqidah Akhlaq di
Madrasah Tsanawiyah meliputi: Aspek aqidah terdiri atas keimanan
kepada sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah, keimanan kepada kitab
Allah, Rasul Allah, sifat-sifat dan Mu’jizat-Nya, makhluk ghaib,
Qada dan Qadar dan Hari Akhir. Aspek akhlaq terpuji yang terdiri atas
khauf, taubat, tawadlu, ikhlas, bertauhid, inovatif, kreatif, percaya
diri, tekad yang kuat, ta’aruf, ta’awun, tafahum, tasamuh, jujur,
adil, amanah, qana’ah menepati janji dan bermusyawarah. Aspek
akhlaq tercela meliputi kufur, syirik, munafik, riya, nifaq, namimah
dan ghibah.
DAFTAR
PUSTAKA
Ibrahim dan Darsono. 2009. Membangun
Akidah dan Akhlak untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
Hidayat, Junaidi. 2009. Ayo Memahami
Akidah dan Akhlak untuk MADRASAH TSANAWIYAH/SMP ISLAM KELAS VII.
Jakarta: Erlangga
Alilurrahman. 2013. Implementasi
pembelajaran Akidah Ahlak Madrasah Tsanawiyah.
alinurrahman.files.wordpress.com/2012/02/bab-i.doc. 08 Mei
Silabus
Aqidah Akhlak Mts
1
BUKU AQIDAH AKHLAK
2
Ibrahim dan Darsono. 2009. Membangun Akidah dan Akhlak
untuk kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri dan Alilurrahman. 2013. Implementasi pembelajaran Akidah
Ahlak Madrasah Tsanawiyah.
alinurrahman.files.wordpress.com/2012/02/bab-i.doc. 08 Mei
3 Silabus
Aqidah Akhlak Mts
Tidak ada komentar:
Posting Komentar