RPP
UNTUK MTs( MADRASAH TSANAWIYAH) KELAS 7 (TUJUH) SEMESTER 1 TENTANG
MELAKSANAKAN
TATA CARA BERDZIKIR DAN BERDO’A SETELAH SHALAT
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
R P P )
Mata
Pelajaran : FIKIH
Kelas/Semester :
VII / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
I. Standar
Kompetensi
- Melaksanakan tata cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
II. Kompetensi
Dasar
- Tata cara berdzikir dan berdo’a setelah shalat
- Menghafalkan bacaan dzikir dan do’a setelah shalat
- Mempraktekkan dzikir dan do’a setelah shalat
III. Indikator
- Menjelaskan pengertian zikir
- Melafalkan dalil tentang zikir
- Menjelaska pengertian doa dan dalilnya
- Menjelaskan waktu-waktu yang ijaba untuk berdoa
- Menjelaskan tempat-tempat yang baik untuk berdoa
- Menjelaskan manfaat doa
- Melafalkan bacaan zikir setelah sholat
- Menjelaskan tatacara berdoa setelah sholat
- Melafalkan bacaan doa setelah sholat
- Mempraktekan bacaan zikir dan doa setelah sholat
IV.
Tujuan
Pembelajaran
setelah
melaksanakan kegiatan dzikir dan do’a setelah shalat siswa mampu:
1.
Melafalkan
/ mengulang kembali tata cara dzikir dan do’a setelah shalat yang
didengar dengan benar
2.
Menyebutkan
kembali tata cara dzikir dan do’a setelah shalat yang didengar
dengan tepat dan benar
3.
Mengidentifikasi
makna/arti dari tata cara dzikir dan do’a setelah shalat yang
didengar dengan benar
4.
Mengartikan
kalimat dari dzkir dan do’a setelah shalat dengan tepat dan benar
5.
Menyalin/menulis
kembali kalimat dzikir dan do’a setelah shalat yang didengar dengan
tepat dan benar.
V.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
: Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
2. Demonstrasi
3. Bermain Peran
VI.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek
Life Skill
Yang
Dikembangkan
|
Pendahuluan
:
Apersepsi dan
Motivasi :
Menanyakan
kepada siswa tentang dzikir dan do’a setelah shalat ( explorasi
)
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
Kegiatan
inti
Guru
membacakan materi dzikir dan do’a setelah shalat dan kemudian
diikuti oleh siswa
Siswa
menyebutkan kembali bacaan dzikir dan do’a setelah shalat
Guru
menjelaskan makna dzikir dan do’a setelah shalat
Siswa
bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas
(elaborasi)
Guru
memberikan penguatan tentang kesimpulan tata cara dzikir dan do’a
setelah shalat (Konfirmasi)
Kegiatan
penutup.
Guru
melaksanakan penilaian lisan
Memberikan tugas
pengayaan
|
10
mnt
60
mnt
10
mnt
|
Pemahaman
Konsep
|
VII.
Alat/bahan/sumber
belajar
1.
Buku
paket Agama Islam kelas VII ( Tim Abdi Guru, Ayo
Belajar Agama Islam,
Penerbit Erlangga, Jakarta: 2006) Hlm. 87-89
VIII. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
Melafalkan
bacaan istighfar, tasbih, tahmid,dan takbir.
Hafal
bacaan istigfar, tasbih, tahmid dan takbir.
Mengartikan
bacaan istighfar, tasbih, tahmid, dan takbir.
Hafal
dzikir dan do’a setelah shalat
Mempraktekan
dzikir dan doa setelah shalat
Mampu
melaksanakan dzikir dan doa setelah shalat
|
-Tes
lisan
-Tes
lisan
-Test
lisan
-Test
lisan
-Test
tulis
-Tes
lisan
|
|
Sebutkan
kembali bacaan istigfar, tasbih, tahmid dan takbir.
Sebutkan
kembali bacaan istigfar, tasbih, tahmid dan takbir.
Sebutkan
makna dari kosakata berikut ini : astaqhfirullah,
subhanallah, alhamdulillah,allahu akbar.
Sebutkan
kembali bacaan dzikir dan do’a setelah shalat
Melakukan
dzikir dan do’a setelah shalat.
Sebutkan tata
cara do’a dan dzikir setelah shalat
|
......................
Mengetahui
Kepala sekolah
Guru Bidang Studi
(
.............................. )
( ……………………
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar